Mata  ajar  Sains  Keperawatan  merupakan  mata  ajar  inti  wajib  untuk  mahasiswa Program Magister Keperawatan yang diberikan pada semester pertama. Beban studi mata ajar ini adalah 3 sks. Fokus mata ajar pada konsep-konsep yang terdapat dalam falsafah, paradigma,  teori dan model  konseptual  keperawatan.  Pemahaman teoritis terhadap nilai-nilai, sikap dan perilaku perawat dalam memberikan pelayanan dan asuhan keperawatan kepada sistem klien.

Setelah  menyelesaikan  mata  ajar,  peserta  didik  diharapkan  memiliki  kemampuan untuk dapat memahami  berbagai falsafah,  paradigma,  teori dan  model konseptual keperawatan dan mampu menganalisis konsep-konsep terkait untuk dapat dijadikan dasar pembentukan nilai, sikap dan perilaku perawat dalam memberikan pelayanan dan asuhan keperawatan.

Metode pembelajaran yang digunakan terutama adalah diskusi dan seminar, tutorial diselingi  oleh  simulasi  role  play,  discovery  learning,  PBL/  inquiry  dan  lain-lain. Peserta  didik  berpartisipasi   secara  aktif  dalam  pembahasan   setiap  topik  dan menyelesaikan penugasan baik kelompok maupun individu.

Metode evaluasi meliputi partisipasi dalam diskusi, presentasi kelompok, dan ujian tulis. Etika akademis sangat dijunjung tinggi selama proses pembelajaran dan mempengaruhi proses penilaian keberhasilan belajar peserta didik.

Assalamaualaikum wr.wb. selamat berjumpa dengan Mata Kuliah Riset Kualitatif.Kita akan berjumpa Riset Kualitatif yang akan menjadi perjalanan intelektual kita selama 16 kali pertemuan, terdiri dari 14 kali perkuliahan dan 2 kali ujian. Mata kuliah ini diharapkan akan menjadi wahana yang memperkaya pemahaman mahasiswa terhadap metode penelitian kualitatif, membimbing mereka dalam eksplorasi, analisis, dan interpretasi data secara mendalam.

 

Melalui 16 kali pertemuan ini, kami berharap mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis tentang riset kualitatif, tetapi juga keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan dalam konteks ilmiah dan profesional. Setiap pertemuan diharapkan menjadi perjalanan yang membawa mahasiswa lebih dekat kepada keberhasilan dalam melaksanakan riset kualitatif yang berkualitas.

Kemampuan Memahami Konsep Dasar Sistem Informasi: Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar tentang sistem informasi, termasuk komponen-komponennya, siklus pengembangan sistem informasi, serta prinsip-prinsip desain dan implementasi sistem informasi

Mata kuliah ini terdiri dari dua SKS dan berfokus pada pengembangan pengetahuan, ketrampilan dan perilaku dengan penerapan prinsip-prinsip dan konsep pemberian asuhan keperawatan untuk promosi kesehatan dan pencegahan penyakit. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan model promosi kesehatan yang berorientasikan pada keluarga, kelompok dan masyarakat. Selain itu mata kuliah ini juga mempelajari tentang aplikasi konsep-konsep epidemiologi, perjalanan penyakit secara alami, sumber data, pengukuran kesehatan dan distribusi penyakit, penggunaan metode dalam studi epidemiologi, surveilens, investigasi penyakit, screening dan pencegahan penyakit dalam praktik keperawatan dan riset keperawatan.